Variabel pointer adalah sebuah variabel yang berfungsi sebagai penunjuk dari alamat memori dari variabel yang lain yang artinya variabel ini hanya bisa di isi dengan alamat memori dari suatu variabel
variabel yang biasa seperti (int a) itu terdiri dari 2 bagian yaitu:
1 alamat memori dari variabel tersebut
2 isi dari variabel tersebut
Untuk mengetahui alamat dari suatu variabel anda perlu menggunakan refrence(&)
Saya menggunakan contoh seperti source code di bawah
Contoh:
int Vbil= 10
jadi variabel Vbil ini terdiri dari 2 bagian
1 isi dari Vbil yaitu 10
2 alamat memorinya yaitu 0x0012ff40
contoh variabel pointer
int *bil;//pointer integer
char *huruf; //untuk pointer character biasa
char **nama; //untuk string pointer
Jadi jika saya membuat pointer seperti ini
int *Pbil
kemudian jika saya ingin mengisi variabel tersebut dengan suatu nilai maka saya harus menggunakan alamat memori untuk mengisi variabel *Pbil
maka jadinya akan seperti ini
int *Pbil = &Vbil
tidak di sarankan untuk menulis seperti ini
int *Pbil = 10 atau Pbil = 10
itu akan terjadi error ketika di jalankan
karena *Pbil adalah sebuah pointer
untuk lebih detailnya anda bisa lihat pada gambar hasil di bawah ini
Ini source code menggunakan bordland c++
Yang ini menggunakan code block
Tapi ini muncul 1 warning saya tidak tahu itu warning kenapa tetapi pada borland c++ tidak muncul warning apapun mungkin kalo ada yang bisa bantu tolong koreksi kesalahanya biar saya perbaiki
Warning
Hasil program
Mohon maaf bila ada salah penulisan karena saya masih pemula untuk c++ untuk pointer pada fungsi dan struktur mungkin bisa saya bahas lain kali karena saya masih agak bingung penggunaan pointer pada struktur dan fungsi,bagi pembaca yang mau nambahin bisa comment di bawah
Terimakasih sudah berkunjung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar